Rabu, 16 Desember 2020

Vaksinasi Gratis Pada Masyarakat

Tak terasa Covid-19 telah memporak-porandakan aktivitas masyarakat. Terutama dari segi ekonomi dan kesehatan. Banyak masyarakat yang mengalami inflasi bahkan jumlah pasien Covid-19 setiap harinya menjadi bertambah. Dari ratusan hingga ribuan. Tenaga medis pun kewalahan menangani virus yang diam-diam bersemayam dalam tubuh manusia tanpa ada tanda-tanda khusus ini.

Namun virus itu akan segera berakhir. Sebab pemerintah telah menggratiskan vaksinasi kepada masyarakat Indonesia. Melalui kanal YouTube Sekertaris Presiden, Presiden Jokowi Widodo menyampaikan vaksin Covid-19 diberikan secara gratis ke masyarakat. Kebijakan ini ditempuh setelah menerima masukan dari masyarakat dan menghitung ulang keuangan negara.

Pemerintah menyiapkan dua program vaksinasi, yakni vaksin mandiri atau berbayar dan vaksin bantuan pemerintah. Vaksin bantuan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, pelayanan publik, dan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan penerima bantuan iuran.

Pemberian vaksin kepada masyarakat ini sempat menjadi masalah dikarenakan masyarakat harus membayar untuk mendapatkan vaksin tersebut. Kita tahu bahwa pembelian vaksin itu mahal dan mengeluarkan uang ratusan ribu. 
Tentu adanya pemberian vaksin gratis ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat ekonomi kelas bawah. Dan tidak kah menjadi hak warga negara, yaitu hak kesehatan. Sudah semestinya biaya vaksin ditanggung oleh pemerintah. 

Menurut Direktur Eksekutif Institute for Development on Economics and Finance Tauhid Ahmad, kapasitas fiskal pemerintah cukup untuk menggratiskan biaya vaksin jika pemerintah mau memberikan prioritas. Anggaran penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional pada 2020 yang belum terserap bisa dialokasikan untuk pengadaan, distribusi, dan vaksinasi.

Dalam APBN 2021, pemerintah mengalokasikan anggaran kesehatan Rp 169,7 triliun dengan Rp 40.5 triliun di antaranya untuk pengadaan vaksin. Sebagai perbandingan, anggran kesehatan lebih kecil daripada anggaran infrastruktur yang naik drastis 47,2 persen jadi Rp 417,4 triliun. 

Meskipun telah ada vaksin gratis, pemerintah diminta menambah pilihan vaksin dan jangan hanya bergantung pada vaksin dari Sinovac Biotech yang belum selesai menjalani proses uji klinis. Hingga kini pihak pengembang vaksin itu belum merilis data kemanjuran dari vaksinnya.  

Ada pun beberapa vaksin yang telah melewati uji klinis pada manusia, yakni dari AstraZeneca, Moderna, Bharat Biothec, Novavax, dan sebagainya.
Pemerintah harus memikirkan rencana yang matang untuk pemberian vaksin gratis kepada masyarakat. Sebab ini perihal nyawa, bukan boneka percobaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Chalk Giant

What do you know? The story tells about the giant sibling who have a unique names. The female giant was called Shine bacause she...